KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, pada akhirnya kami dapat menyelesaikan Buku Profil dan Panduan Akademik MA Al Ukhuwah Sukoharjo, Jawa Tengah. Buku ini disusun sebagai acuan dan pedoman bagi santri MA Al Ukhuwah dan orang tua atau wali santri MA Al Ukhuwah. Dengan berpedoman pada buku ini, diharapkan santri dan wali santri dapat lebih fokus dan terarah dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dapat menyelesaikan studi dengan baik. Buku ini juga sebagai pedoman bagi tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan administrasi akademik. Selain itu juga, sebagai referensi bagi mereka yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang MA Al Ukhuwah. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi khususnya tim penyusun sehingga buku ini dapat dicetak. Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh civitas pondok pesantren Al Ukhuwah dan para pembaca semuanya. Saran dan kritik untuk perbaikan buku ini sangat kami harapkan.
Sukoharjo, 30 Oktober 2018

Kepala Madrasah Aliyah Al Ukhuwah

Agus Susehno, Lc

 

BAB I : PROFIL MADRASAH ALIYAH AL UKHUWAH SUKOHARJO

 

PENDAHULUAN

Madrasah Aliyah Al-Ukhuwah Sukoharjo sebagai lembaga pendidikan islam, bercita-cita untuk membentuk masyarakat islam moderen sebagaimana komunitas di atas. Selain itu, pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kwalitas manusia Indonesia. Hal ini dalam rangka mewujudkan masyarakat yang damai, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera, yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta memiliki etos kerja yang tinggi dan berdisiplin dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan visi pendidikan nasional tersebut diperlukan peningkatan & penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Dalam rangka ini pula diberlakukan Undang-Undang No.20 Th.2003 tentang sistem pendidikan nasional serta Peraturan Pemerintah No.19 Th.2005 tentang standar nasional pendidikan.

Kemudian, didorong oleh kesadaran untuk berperan serta dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan, maka Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo sesuai visi & misinya menyelenggarakan program pendidikan Madrasah Aliyah.

SEJARAH SINGKAT MA AL UKHUWAH

Madrasah Aliyah Al-Ukhuwah Sukoharjo didirikan tahun 2009 berdasarkan rapat Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo menanggapi aspirasi dan kepercayaan masyarakat khususnya wali murid Madrasah Salafiyah Wustho (MSW) yang sangat antusias untuk melanjutkan pendidikan pada Madrasah Aliyah yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo.

Satu tahun sebelumnya tepatnya tahun 2008 telah dibuka jenjang pendidikan non formal yaitu Takhosus Bahasa Arab (TBA). TBA merupakan satu jenjang pendidikan untuk mematangkan ilmu alat yang meliputi bahasa arab baik bahasa Arab aktif maupun pasif, ilmu Nahwu-Shorof dan juga ilmu Fiqih yang ini merupakan syarat untuk masuk ke jenjang Madrasah Aliyah.

Jenjang TBA ini dipersiapkan bagi calon santri yang latar belakang dari Pendidikannya dari umum, SMP atau MTs. Adapun bagi calon santri yang lulusan dari Pesantren dan bisa mengikuti pelajaran MA, maka dipersilahkan untuk langsung mengikuti jenjang Madrasah Aliyah tanpa harus mengikuti persiapan terlebih dahulu pada jenjang TBA.

Pada tahun pelajaran 2009/2010 dimulailah Pendidikan MA Al Ukhuwah dengan murid dari jenjang MSW dan TBA satu tahun sebelumnya. Pada tahun pertama ini masih banyak terjadi kekurangan baik dari segi sarana dan prasarana. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, maka mulai dibenahilah fasilitas-fasilitas yang ada, masuknya guru-guru yang berpengalaman mengajar dan sarana dan prasarana mulai dilengkapi. Sehingga suasana belajar-mengajar menjadi lebih kondusif.

VISI DAN MISI

Visi Madrasah : 

Menyiapkan generasi muslim sejati yang memiliki ilmu syar’i maupun ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Misi Madrasah:

  1. Mendidik generasi penerus yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia dan menjunjung tinggi nilai ukhuwah islamiyah
  2. Mendidik generasi penerus bangsa yang bermoral, cerdas, trampil dan mampu berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  3. Mendidik generasi penerus yang menguasai ilmu pengetahuan, tekhnologi dan informasi serta mampu mengangkat martabat bangsa di dunia internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *